Pilih Lanjut Kuliah Di Daerah Sendiri Atau Merantau ?


Setelah menyelesaikan masa study Sekolah Menengah Atas, biasanya pelajar akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi, yakni Kuliah. Tapi, sebagian besar mereka lebih memilih merantau dibanding kuliah di daerah sendiri, mengapa ? mungkin ada beberapa faktor yang membuat mereka lebih memilih kuliah di luar daerah dari pada di daerah sendiri. Faktor faktor inilah yang membuat mereka berkeinginan lebih untuk kuliah di luar daerah. Apa aja sih faktor nya ? ini adalah pendapat saya, kalo teman teman ada pendapat lain monggo hehe

Pertama suka merantau. Mungkin ini lucu bagi teman teman, tapi ini memang benar ada, beberapa orang mempunyai hobi belajar yang jauh dari tempat asalnya. Menurut mereka merantau adalah hal yang tepat untuk menambah pundi pundi ilmu mereka, kemandirian mereka dan lainnya. Ini ada dalam diri saya sendiri, saya lebih suka merantau jauh dari kapung halaman untuk belajar. Karna menurut saya merantau itu pembentuk karakter, yang tadinya anak mami dengan orang merantau akan menjadi lebih mandiri walaupun hidup dengan kekurangan dengan uang jajan di jatah perbula hiks wkwkk

Kedua adalah Kualitas. Teman teman tau pasti kualitas pendidikan di daerah tertentu sangat berbeda dengan kualitas di daerah lainnya, misalkan saja saya, di daerah saya (Sumatra Selatan) kualitas pendidikannya masih sangat kurang dibanding dengan kota lain Jogja Misalkan. Mulai dari fasilitas penunjang seperti internet, perpustakaan, bookstore, dan lainnya memang kota jogja lebih baik. Makanya kebanyakan orang orang lebih memilih kota jogja untuk melanjutkan study mereka walaupun ada abeberapa sekolah atau kampus yang bagus di daerah saya.

Ketiga karna keluarga. Yang ini kayaknya jarang deh, ya walaupun ada beberapa orang. Melanjutkan study karna faktor keluarga mungkin hal yang jarang, misalkan ada keluarga yang berada di jogja lalu pingin kuliah di jogja juga, ada beberapa sih, keuntungan faktor ini adalah nggak takut lagi kelaperan wkwk, beda sama anak kos yang tiap bulan pasti mengharapkan transfer dari orang tuanya. Tapi kalo saya sendiri sih malah nggak betah kalo tinggal dengan keluarga, aneh ya, iya memang begitu, enakan nge kos walau makan cuma mie instan tapi rasanya kayak makan rendang wkwk.

Well, kayaknya itu aja sih alasan dan faktor mengapa orang suka kuliah merantau dibanding dengan kuliah di daerah sendiri. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini.

1 komentar:


  1. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : AJOQQ.INFO

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.