GRAMMAR BAHASA INGGRIS : Sentence Classification, Pengertian dan Contoh Kalimat

Avatar

Chapter 5.

Sentence atau Kalimat merupakan susunan dari beberapa kata yang memiliki makna. Dalam mempelajari bahasa tentu kita akan menghadapi yang namanya kalimat. Dalam bahasa Inggris, kalimat disebut dengan "Sentence".


Bagi Teman teman yang sedang mempelajari grammar atau mungkin sedang mengafal vocabulary Bahasa Inggris sudah pasti akan membuat kalimat dengan tujuan agar dapat lebih memahami grammar atau untuk menjaga hafalan agar tidak mudah lupa.


Saat teman teman berbicara, berpidato, berpuisi, bahkan bernyanyi pun kita menggunakan yang namanya kalimat. Bahasa Inggris mempunyai beragam jenis kalimat sesuai dengan kondisi penyusunannya. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis kalimat dalam bahasa Inggris.


Oleh karena itu kali ini saya akan membahas tentang Pengelompokan Kalimat, Sentence Classification atau pengelompokkan kalimat ini memiliki 2 Jenis, Based on its Ordinary dan satunya Based on its Form.


1 Based on its Ordinary

pada bagian pertama adalah Sentence Classification based on its ordinary, pada bagian ini memiliki 2 anggota lainnya, yaitu verbal sentence dan nominal sentence. Berikut penjelasan masing masing :


a Verbal Sentence

Kalimat verbal adalah kalimat yang menggunakan verb (kata kerja). Kata kerja yang digunakan mengikuti pada subjek serta waktu kejadian. Contohnya adalah simple present, maka kalimat yang dibuat akan menggunakan kata kerja bentuk pertama (Verb 1). Atau jika kalimatnya past tense maka akan menggunakan Verb 2, begitupun seterusnya.


Nah, kalimat verbal ini verb ordinary nya adalah yang selain anggota Be. Berikut dibawah ini adalah contoh penggunaan kalimat verbal :


Contoh Kalimat
+
He drives a car
+
Dia mengendarai sebuah mobil

b Nominal Sentence

Kalimat nominal adalah kalimat yang tidak menggunakan kata kerja murni, namun disini ia menggunakan kata kerja bantu atau yang disebut dengan Verb Be (is, am, are, was, were).


Be termasuk bagian dari linking verb yang menghubungkan antara subjek dengan subjek pelengkap (subjcetive complement). Berikut dibawah ini adalah contoh penggunaan kalimat verbal :


Contoh Kalimat
+
Pak Ganjar is a diligent person
+
Pak Ganjar adalah seorang yang rajin

2 Based on its Form

pada bagian kedua adalah Sentence Classification Based on its Form, pada bagian ini memiliki 4 anggota lainnya, yaitu Statement Sentence, Question Sentence, Imperative Sentence, dan Exclamatory Sentence. Berikut penjelasan masing masing :


a Statement Sentence

Statement sentence adalah kalimat yang digunakan untuk membuat statement (pernyataan), berupa fact (fakta) atau opinion (pendapat). Statement sentence merupakan tipe kalimat yang paling sering digunakan. Jenis dari statement sentence ini adalah : Kalimat Positif dan Kalimat Negatif


Anggota Pola
Kalimat Positif
Subject + Verb + Object
Kalimat Negatif
Subject + Verb Auxiliary + not + Verb Ordinary

Berikut dibawah ini adalah contoh dari penggunaan kalimat positif dan kalimat negatif :


Contoh Kalimat
+
I will help you
-
I will not help you

b Question Sentence

Question Sentence adalah kalimat tanya yang diakhiri dengan Question mark (?). Jenis jenis dari quenstion sentence ini adalah Yes/No Question dan Information Question.


Jenis Pola
Yes/No
Subject + Verb + Object
Information
Subject + Verb Auxiliary + not + Verb Ordinary

Berikut dibawah ini adalah contoh penggunaan kalimat dari Question Sentence :


Contoh Kalimat
Will you help me ?
When will you help me ?

Penjelasan

Kalimat pertama adalah kalimat yes/no question, sesuai dengan polanya, Verb auxiliary nya berada diawal kalimat kemudian dilanjutkan dengan subject lalu verb ordinary nya lalu object dan jangan lupa dengan Question mark nya.


Pada bagian kalimat kedua adalah jenis dari kalimat untuk Information Question, yang awalnya adalah kata tanya lalu terdapat verb auxiliary selanjutnya terdapat subject kemudian ditambah dengan verb ordinary serta terdapat object dan jangan lupa dengan question mark nya.

c Imperative Sentence

Imperative sentence adalah sentence type (tipe kalimat) yang digunakan untuk membuat perintah (command), permintaan (request), atau petunjuk (instruction).


Jenis-jenis dari Imperative Sentence ini adalah Imperative possitive (Kalimat Perintah), Imperative Negative (Kalimat Larangan), dan Invotation (Kalimat Ajakan).


# Imperative Possitive

Pola dari kalimat ini adalah Verb 1 + Noun + !. Berikut adalah contoh penggunaan kalimat dari jenis ini :


Contoh Kalimat
Open the door !
Buka Pintu !

# Imperative Negative

Pola dari kalimat ini adalah Don't + Verb 1 + Noun + !. Berikut adalah contoh penggunaan kalimat dari jenis ini :


Contoh Kalimat
Don't Open the door !
Jangan Buka Pintu !

# Invitation

Pola dari kalimat ini adalah Let's + Verb 1 + !. Berikut adalah contoh penggunaan kalimat dari jenis ini :


Contoh Kalimat
Let's go to school !
Ayo pergi ke sekolah !

d Exclamatory Sentence

Exclamatory sentence adalah kalimat yang untuk menyatakan perasaan yang kuat (strong feeling) melalui seruan. Sentence type ini diakhiri oleh tanda baca exlamation mark (tanda seru). Pola dari kalimat ini adalah : How + adjective/adverb + Subject + Verb + !


Berikut dibawah ini adalah contoh penggunaan kaliamt untuk Exclamatory Sentence :


Contoh Kalimat
How diligent danis is !
Waah Danis rajin bangeet !

Well, segitu saja untuk part Sentence Classification, selamat belajar, see you papay


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.