GRAMMAR BAHASA INGGRIS : The Part of Speech (Bagian Kata Benda), Pengertian dan Contoh Kalimat

Avatar

Chapter 4.

Suatu kalimat terbentuk dari beberapa kata yang digabung. Kata merupakan bagian paling dasar yang mempunyai arti, fungsi, dan kegunaannya masing-masing dalam suatu kalimat.


Dalam Bahasa Inggris, setiap kata dikelompokkan ke dalam 8 (delapan) macam bagian atau istilahnya adalah Part of Speech, berikut bagian-bagainnya nya :


Part of Speech
1
Noun
2
Pronoun
3
Adjective
4
Verb
5
Adverb
6
Conjunction
7
Preposition

1 Noun (Kata Benda)

Noun merupakan salah satu bagian terpenting di parts of speech dalam bahasa Inggris. Noun jg salah satu faktor penting dalam pembuatan sebuah kalimat.


Noun adalah suatu kata yang digunakan untuk menamai suatu objek seperti orang, benda, tempat, serta konsep/ide nama binatang (animal), idea (gagasan atau ide), an occurrence (suatu kejadian), an action (suatu tindakan) ataupun konsep abstrak lainnya. Jenis jenis dari Noun adalah sebagai berikut :


A Berdasarkan Wujud

Untuk jenis Berdasarkan Wujud ini memiliki anggota lain, berikut adalah anggota lain dari Jenis Berdasarkan Wujud :


# Abstract Noun

Secara definisi, Abstract Noun adalah Benda yang tidak mempunyai bentuk / wujud. Kata benda ini dapat dipahami dan dibayangkan namun tidak dapat disentuh atau dilihat dengan indera. Contoh : News, Information, Idea


# Concrate Noun

Secara definisi Concrate Noun adalah kata benda berupa material atau sesuatu yang berwujud nyata. Karena berwujud, concrete noun dapat disentuh dan diamati (dikenali oleh indera). Dengan demikian, concrete noun berkebalikan dengan abstract noun. Contoh : Table, book, pen, Phone, Girlfriend (Optional).


B Berdasarkan Penamaan

Untuk jenis Berdasarkan Penamaan ini memiliki anggota lain, berikut adalah anggota lain dari Jenis Berdasarkan Penamaan :


# Common Noun

Secara definisi, Common Noun adalah penggolongan kata benda untuk orang (person), tempat (place), benda dan hal secara umum. Kata benda ini tidak menggunakan huruf kapital di awal katanya, kecuali jika kata tersebut mengawali kalimat atau menjadi judul sebuah tulisan, Contoh : Bus, Flower, Girl, etc.


# Proper Noun

Berbeda dengan Common Noun, Proper Noun adalah penggolongan kata benda untuk orang (person), tempat (place), dan benda secara spesifik. Kata benda ini antara lain digunakan untuk nama institusi, organisasi, hari, bulan, bangsa, agama, dan tempat. Proper noun selalu menggunakan huruf kapital di awal katanya. Contoh : Puspa Indah, Lorena, Rose, mukidi.


# Material Noun

Secara definisi, Material noun adalah benda yang berasal dari alam atau benda alami yang memang sudah terbentuk sebelumnya. Contoh : Gold, Stone, Gemstone, Sand, Water, etc.


# Collective Noun

Secara definisi, Collective Noun adalah Benda yang berdifat kumpulan tetapi dianggap satu kesatuan. Contoh : Family, Class, Group, Team, Table, book, pen.


Untuk perhitungannya sendiri terdapat perbedaan antara British English dan American English. Untuk british english hitungannya termasuk Jamak atau Plural. Sedangkan American English hitungannya termasuk Tunggal atau Singular. Berikut adalah contoh sederhana :


Contoh Kalimat
+
Our Team (is) Fabulous (American English)
+
Our Team (are) Fabulous (British English)

Berikut dibawah ini adalah penjelasan dari contoh penggunaan kalimat diatas meski belum masuk ke materi Sentence;


Penjelasan

Seperti yang dilihat contoh diatas, terdapat dua kalimat, di kalimat pertama ada kata "Our Team is fabulous" Jika diperhatikan dikalimat tersebut memakai kata kerja "is" yang mana kita ketahui "is" digunakan untuk kalimat yang subjek nya tunggal atau singular.


kalimat ini adalah kalimat yang biasa digunakan untuk American English, jadi di amerika sana dalam tata bahasa mereka untuk kata "Team" adalah kata benda yang singular atau tunggal jadi mereka memakai "is" untuk kata kerja nya.


Untuk dicontoh kedua disana terdapat kalimat "Our Team are fabulous" dan kita lihat kalimat itu memakai "are" untuk kata kerjannya, yang artinya di Inggris raya pemakaian kata Team itu mempunyai makna banyak atau plural sehingga di sana memakai are sebagai kata kerjanya.


Ini hanya sebagai pemahaman saja untuk teman teman, jadi bahasa inggris itu nggak hanya satu aliran, ada banyak macam, salah dua nya ya yang dibahas ini. Ada American English ada juga British English.

Karena terlalu panjang untuk dibahas, maka materi ini akan saya potong menjadi beberapa bagian. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. See you papay.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.