Pengontrolan Dan Percabangan (SWITCH - CASE) Dalam Bahasa Pemrograman C++







Kalo kemarin kemarin saya pernah memposting tentang percabangan IF...ELSE kali ini saya akan memncoba memposting tentang Percabangan juga tetapi ini memakai struktur SWITCH - CASE, apa sih Switch - Case itu ? Selain menggunakan pernyataan if, C++ juga menawarkan kepada kita untuk dapat melakukan percabangan dengam menggunakan SWITCH - CASE. Sama halnya If - Else, pernyataan Switch - Case juga merupakan pernyataan yang digunakan untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan. Untuk lebih jelasnya saya akan menuliskan codingannya :



#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    int number;
    cout<<"Masukkan Angka 1 s/d 3 : ";
    cin>>number;
 
    switch(number)
    {
        case 1:
            cout<<"One !!";
        break;
  
        case 2:
            cout<<"Two !!";
        break;
   
        case 3:
            cout<<"Three !!";
        break;
  
        default:
            cout<<"Error !!"; 
    }
    return 0;  
}


Seperti contoh diatas, strukturnya mirip dengan If - Else hanya saja disana terdapat statement break, apa sih fungsi break ? fungsi dari break adalah untuk menunjukkan perintah siap untuk keluar dari struktur Switch - Case. Nah bagaimana dengan default ? Default sendiri mirip dengan Else, Default sendiri adalah statement alternatif dan ini akan berjalan jika nilai yang User masukkan tidak sesuai dengan Konstanta yang telah di definisikan.




Diatas adalah hasil output dari Struktur Switch - Case, mirip dengan If - Else hehe. Begitu saja postingan kali ini terima kasih sudah berkunjung di blog saya.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.